Minggu, 15 Januari 2012

KEGIATAN-KEGIATAN PAC IPNU-IPPNU MIJEN (2010-2012)

KEGIATAN-KEGIATAN PAC IPNU-IPPNU MIJEN (2010-2012)

Pelantikan Pengurus IPNU-IPPNU PAC MIJEN MASA KHIDMAH 2010-2012

Mengawali tulisan, kami menulis tentang kegiatan-kegiatan PAC Mijen Kabupaten Demak yang telah berjalan diperiode 2010-2012. Kegiatan pertama kali yang telah dilaksanakan adalah tentunya Pelantikan Pengurus PAC MIJEN masa khidmah 2010-2012 yang diketuai oleh Zaenal Muztaba (IPNU) dan Umi Mustaghfiroh (IPPNU) yang dilantik oleh Pimpinan Cabang  IPNU-IPPNU kabupaten Demak, Ahmad Syafiq (Ketua IPNU) dan Lailatus Sa’adah (Ketua PC IPPNU) dan paginya dilanjutkan Rapat Kerja sebagai langkah awal untuk menjadi kepungurasan yang sah menurut organisasi IPNU-IPPNU sesuai dengan AD ART organisasi. Pelantikan ini dilaksanakan pada tanggal 19-20 Juni 2010 di halaman Gedung MWC Mijen yang bertempat di desa Bogorame Bakung Mijen. Kegiatan ini dikemas acara pengajian umum dalam rangka Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW yang bertepatan tanggal 6-7 Rajab 1431 dan diisi beberapa acara, yaitu Pembacaan ayat suci Al-Qur’an, Tahlil, Pelantikan, Sambutan-sambutan, Mau’idoh Hasanah dan Do’a. Tidak hanya itu untuk menghibur pengunjung yang datang diadakan pentas seni silat Pagar Nusa yang ditampilkan oleh kader-kader IPNU-IPPNU kecamatan Mijen sendiri yang diketuai oleh Ahmad Anwar.
Kegiatan ini sangat direspon serius oleh masyarakat, kader-kader IPNU-IPPNU maupun senior IPNU-IPPNU kecamatan Mijen. Kegiatan juga dihadiri langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Demak sekaligus memberikan Mauidoh Hasanah dalam acara tersebut, yaitu Ir. Musyaddad Syarif, MT, dihadiri pula oleh pemerintah kecamatan Mijen yang diwakili oleh sekertaris camat, bapak Anang dan ketua MWC NU kecamatan Mijen, KH. Hasan Anwar untuk memberikan sambutan serta beberapa guru sekolah sekecamatan Mijen. Tidak ketinggalan pula beberapa pengurus Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Demak.

Dari pelantikan ini, sangatlah besar harapan dari masyarakat, bapak-bapak NU kecamatan Mijen senior, serta pemerintah Mijen pada IPNU IPPNU masa khidmah 2010-2012 untuk memajukan organisasi serta bermanfaat bagi masyarekat, agar di kecamatan Mijen bisa lebih gebyar dan maju dalam bidang kependidikan dan keagamaan.

SUSUNAN PENGURUS
PIMPINAN ANAK CABANG
IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA’
KECAMATAN MIJEN
MASA KHIDMAH 2010- 2012

PELINDUNG             : MWC NU KECAMATAN MIJEN
                                      CAMAT KECAMAT MIJEN
DEWAN PEMBINA  : 
1.    Abdullah Ma`sum Al Diansyah S.Pdi.M.H
2.    Imam Suyono, MPd.I
3.    Nurul Asror, SE
4.    Ulin Nuha SE. S.Pd.I
5.    Subiyanto
6.    Tomi Suroso
7.    Usman As Sya`roni A.Md
8.    Burhanudin S.Hi
9.    Muhammad Muallif
10.  Muhammad Khanif
11.  Ahmad Syafiq
12.  Suko Arum

BADAN PENGURUS HARIAN

Ketua                           : Zaenal Muztaba ( Bermi )
Wakil ketua I                : Ali Murtadlo ( Banteng Mati )
Wakil ketua II              : Ahmad Anwar ( Geneng )

Sekretaris                     : Afif Setiawan ( Pecuk )
Wakil sekretaris            : Hisyam Wahyu Seno Aji ( Pecuk )

Bendahara                    : Syafiq Nur ( Bermi )
Wakil bendahara          : Sholikhul Muttaqin ( Bogo rame )

DEPARTEMEN – DEPARTEMEN
A.     Departemen Pendidikan, Dakwah dan Pengembangan Kader
1.    Shohibul Anam ( Banteng Mati )
2.    Muhammad Abdul Rouf ( Bermi )
3.    Ahmad Muh. Kholil ( Jleper )
4.    Muhammad Aris Saifullah ( Bermi )
5.    Zainul Hasan ( Ngelo Kulon )
6.    Ahmad Muttaqin (Tanggul )

B.    Departemen Pengembangan Minat dan Bakat
1.      Lutfil Majid ( Geneng )
2.      Ahmad Muhaiminan ( Bermi )
3.      Ahmad Sholeh ( Jleper )
4.      Ahmad Ainun Naim ( Bermi )
5.      Ahmad Zainudin ( Jleper )
   C.   Departemen Kewirausahaan dan Pengembangan Ekonomi
1.      Afif Azro’i (Tanggul)
2.      Muhammad Yasin ( Mlaten )
3.      Muhammad Hasan ( Jleper )
4.      Muhammad Said (Jleper )
5.      Ahmad Mahmudi ( Bermi )
LEMBAGA – LEMBAGA
A.      Lembaga Corps Brigade Pembangunan (L- CBP)
1.      Muhammad  Imam Sajudin ( Bogo rame )
2.      Ahmad Basyar  ( Bogo rame )
3.      Khoirudin Ahmad ( Mijen )
B.     Lembaga Pers dan Jurnalistik
1.      Amin Syarifudin ( Geneng )
2.      Edy Gunawan ( Bogo rame )
3.      Ali Mahsun ( Bandaran )
4.      Ahmad Khoirudin (Jleper)

 Dan pada perjalanan kepengurusan ada beberapa yang perlu direvisi.

SUSUNAN PENGURUS
PIMPINAN ANAK CABANG
IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA’
KECAMATAN MIJEN
MASA KHIDMAH 2010/2012


PELINDUNG                          : MWC NU KECAMATAN MIJEN
                   MUSLIMAT KECAMATAN MIJEN
                                                   CAMAT KECAMATAN MIJEN
DEWAN PEMBINA   :
1.      Malikha
2.      Juwairiyah
3.      Happy Firdasari
BADAN PENGURUS HARIAN
Ketua        : Umi Mustaghfiroh
Ketua        : Ru’iyatul Jannah
Ketua II    : Fitri
Ketua III    : Nasya Samsinisa
Sekretaris    : Luluk Indah Puspitawati
      I    : Rahmawati
      II    : Aprilia Puspitarini
Bendahara    : Endang Susilowati
   I    : Nisa’ul Jannah
   II    : Nadia Husna

DEPARTEMEN – DEPARTEMEN
A.    Departemen Pendidika, Da’wah dan Pengembangan Kader
1.      Nurul Faizah
2.      Ana Zumrotun
3.      Nur Khafidah

B.    Departemen Pengembangan Bakat dan Minat
1.      Tri Wahyuni
2.      Maysaroh
3.      Umi Zumrotun

C.    Departemen Kewirausahaan dan Pengembangan Ekonomi
1.      Faizatul
2.      Uswatun Khasanah
3.      Ira

LEMBAGA – LEMBAGA
A.    Lembaga KKP
1.      Rufiati
2.      Maryatul Kiftiyah

B.    Pers dan Jurnalistik
1.      Umi Farikha
2.      Zuli
  “Dan pada perjalanan kepengurusan ada beberapa yang perlu direvisi, dan ketua IPPNU digantikan oleh rekanita Rufiyati”.

MOPDIK & HALAL BI HALAL PELAJAR SE KECAMATAN MIJEN 2010

Sebagai tindak lanjut dan langkah awal kepengurusa PAC IPNU-IPPNU kecamatan Mijen dalam bidang pengkaderan, serta melihat  banyaknya sekolah-sekolah yang berafiliasi dengan NU di kecamatan Mijen. PAC Mijen mempunyai peluang yang sangat besar untuk memasuki sekolah-sekolah tersebut dan mengenalkan tentang IPNU-IPPNU. Pemikiran ini terealisasi dengan mengadakan kegiatan Mopdik ditiap sekolahan sekecamatan Mijen pada awal pelajaran baru tahun 2010, sekolah yang bisa mengikuti Mopdik, antara lain; MTs Al-Hikmah (pasir), MTs dan MA Miftahul Huda (Jleper), MTs Sultan Fatah (Mijen), MTs Darussalam dan SMK Al-Mubarok  (Bermi), MTs Samailul Huda (Mlaten), SMA Islam An-Nidhom (Malten), dan MTs Nurul Huda (Geneng). Mopdik ini bisa belangsung sukses tidak lepas bantuan dari senior-snior IPNU-IPPNU dan guru-guru yang perduli dengan perkembangan IPNU-IPPNU di kecamatan Mijen.
Dari perkenalan dalam Mopdik ini, siswa mulai aktif di organisasi dan mengikuti kegiatan-kegitan yang diagendakan oleh PAC IPNU-IPPNU Mijen. Kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah Halal bi halal Pelajar sekecamatan Mijen, yang belangsung pada hari kamis tanggal 23 September 2010, di halaman MTs Miftahul Huda desa Jleper.  Moment ini bertujuan untuk mengenalkan IPNU-IPPNU secara luas dikalangan masyarakat, pelajar baik sekolah yang berbasis NU maupun sekolah Negeri.
Halal bi halal ini dihadiri perwakilan siswa ditiap sekolah, dan hampir 90% sekolah di kecamatan Mijen mendelegasikan, yang berjumlah sekitar 600 siswa, guru dan tamu undangan. Tidak hanya itu, halal bi halal ini dihadiri oleh ketua Ma’arif jawa tengah serta diisi oleh Muballigh dari Grobogan yang juga senior dari IPNU. Moment ini juga digunakan untuk pelantikan pengurus komisariat IPNU-IPPNU MTs dan MA Miftahul Huda sekaligus pelantikan pengurus OSIS serta pelantikan pengurus Ranting IPNU desa Jleper.

MAKESTA (Masa kesetiaan Anggota)

Makesta adalah agenda formal yang harus dilakasanakan IPNU-IPPNU, sesuai dengan AD/ART sebagai gerbang masuk anggota IPNU-IPPNU dan pembekalan dasar tentang materi ke-IPNU-IPPNUan, Ke-NUan, ASWAJA (Ahlussunnah Wal jama’ah), Keorganisasian dan Leadership. Jadi dapat dikatakan tujuan makesta adalah untuk menjadi anggota resmi IPNU, membentuk anggota yang faham tentang hubungan IPNU, NU dan Badan Otonom serta lembaga NU, membentuk anggota yang mempunyai kesadaran tinggi akan pentingnya organisasi dan faham tentang cara berorganisasi yang baik, dan membentuk anggota yang faham nilai ke Islaman yang dikembangkan oleh NU  (Islam ala Ahlussunnah Wal Jama’ah).
     Makesta ini dilaksanakan pada tanggal 29-30 Januari 2011 dimulai hari Sabtu siang sampai hari Ahad pagin yang bertempat di gedung MWC NU desa Bogorame. Peserta yang mengikuti adalah perwakilan dari beberapa sekolah sekecamatan Mijen dan MTs Raudlatul Muta’allimin (Ngampel), sejumlah sekitar 100 Peserta. Nara sumber yang menyampaikan materi diambilkan dari Bapak-bapak yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.
Ketua IPNU PAC Mijen berharap kader yang sudah mengikuti Makesta ini benar-benar memahami dan mengamalkan materi yang sudah disampaikan karena ini bekal yang sangat dasar untuk melankah jenjang selanjutnya, dan sangat berharap pula semua peserta bisa dan andil mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Mijen.
Full up atau tindak lanjut kegiatan Makesta ini adalah pertemuan rutin setiap bulan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah secara bergilir. Dan dari Alumni makesta ini terbentuk sebuah organisasi yang bernaungan IPNU-IPPNU Mijen untuk mempermudah kordinasi, yang bernama PPKM (Persatuan Pelajar Kecamatan Mijen) dan diketuai oleh Agil Nuruzzaman dari ranting desa Bogorame. Organisasi ini bertujuan Menghimpun, mempersatukan dan membina Pelajar sekecamatan Mijen dalam satu wadah Organisasi, mempersiapkan kader–kader intelektual sebagai penerus perjuangan Bangsa, mengusahakan tercapainya tujuan Organisasi dengan menyusun landasan   program yang dapat menambah wawasan bagi pelajar, untuk mempermudah jalinan komunikasi dan kerja sama antar sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar